Menampilkan Blog kita di FB [tutorial]

Beberapa saat lalu, seorang bertanya kepada saya tentang bagaimana caranya agar blog kita muncul secara otomatis di facebook.

Caranya sih sangat gampang dan kita pilih cara tergampang saja, agar segera bisa dipraktekkan. Ada cara yang lebih sulit dengan hasil yang lebih cepat, tapi sebaiknya kita mulai dari yang gampang saja dulu.

Pertama kali ketikkan alamat ini

http://apps.facebook.com/blognetworks/editblog.php

Di layar tancap kita akan muncul tampilan sebagai berikut.

BlogNetWork

BlogNetWork

Ada kemungkinan anda diharuskan untuk menjadi penggemar BlogNetwork dulu, jadi kita anggap anda sudah menjadi penggemar blognetwork [biar bisa segera ke langkah selanjutnya].

Setelah tampilan itu diisi, maka kita lihat layar selanjutnya.

BlogNetwork

BlogNetwork

Kalau tampilannya tidak seperti itu, tinggal tekan next saja, sampai akhirnya tampilan menjadi seperti itu.

Dari pilihan yang ada, kita pilih saja yang mudah, sehingga tampilan layar akan menjadi seperti ini.

Pilih Teman

Pilih Teman

Nah tinggal dipilih, teman yang paling sering online dan sangat mengenal kita, sehingga proses verifikasi menjadi cepat.

Oke?

Selamat mempraktekkannya.

Iklan
Published in: on Agustus 21, 2009 at 11:51 pm  Comments (1)  
Tags: , , , ,

Kuliah Subuh [hari I puasa]

Pagi ini di Masjid MI penceramah kultumnya adalah pak Mualib [ketua KMMC1]. Seperti biasa, hari I puasa selalu penuh dengan suasana yang segar dan menyegarkan. Senyum mengembang dimana-mana dan meski tidak seramai tarwikh tadi malam, tapi jamaah pagi ini cukup membludag juga.

Pak Mualib langsung tancap gas mengingatkan tentang perlunya mengingat mati, karena kita tidak pernah akan tahu kapan meninggal dan kapan kawan kita meninggal, itu adalah rahasia Allah yang harus selalu kita ingat-ingat.

Aku jadi ingat kultum dari LiLo tentang tujuan hidup, yaitu selalu mengingat mati dan mempersiapkan bekal agar cukup saat kematian itu datang menjemput.

Di akhir kultumnya, pak Mualib juga mengingatkan pada jamaah untuk meramaikan kegiatan di masjid, terutama kegiatan sholat jamaah Isya dan Subuh.

Dengan berpikir cerdas, maka setiap kita mampu sholat jamaah isya dan Subuh di masjid, maka sama saja dengan pahala seolah-olah kita telah mengerjakan sholat malam mulai Isya sampai Subuh.

Jamaahpun pulang dengan bekal ceramah pak Mualib. Semoga semua yang mendengar maupun yang menyampaikan mendapat balasan pahala yang baik.
Amin.

Kultum

Kultum


.

Published in: on Agustus 21, 2009 at 11:37 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , , , , ,

Rekreasi Keluarga TDA BEkasi

Acara demo membuat mie PERTO, akhirnya berubah menjadi rekreasi keluarga. Bagaimana tidak, hampir semua peserta membawa buntut masing-masing. Ada yang lengkap sampai ke anak dan istri ada juga yang hanya membawa anak atau istri doank.

Suasana tentu saja jadi penuh guyub dan rukun. Kuperhatikan satu demi satu mereka yang datang terlambat. Mereka dengan perlahan-lahan mendekati arena demo dan mulai menikmati pentas tunggal pak Syam Perto.

Hampir tidak ada yang menggubris kedatangan para peserta yang terlambat, karena mereka sudah terbius oleh kedigdayaan sang suhu Syam Perto.

Mereka yang terlambat itu akhirnya mulai ikut tersenyum-senyum mendengarkan uraian yang selalu dibumbui oleh kekocakan sang suhu dan akhirnya merekapun ikut bersuara menimpali ucapan sang suhu.

Acara yang tadinya digagas oleh kelompok mastermind Cikarang 2 ini akhirnya memang menjadi arena untuk umum, artinya untuk semua warga TDA Bekasi. Bahkan ada juga warga di luar Bekasi yang ndaftar tetapi pada jamnya banyak yang tidak bisa datang.

Namun meskipun banyak yang tidak datang, tetapi ternyata yang datang malah lebih banyak dari yang tidak mendaftar. 20 bungkus bumbu dan daftar material+peralatan sudah ludes disimpan para peserta yang datang duluan, padahal peserta masih terus berdatangan.

Akhirnya dari daftar absen kulihat hanya 22 orang yang terdaftar dan mendaftar, selebihnya ada yang datang untuk belajar membuat mie tanpa peduli masalah daftar mendaftar. Salut buat MMC2 deh…!:-) Ini semua pasti gara-gara acara TDA Bekasi 2 Agustus 2009 yang mempertemukan orang gila beneran dengan orang yang beneran gila.

Pemikiran jangka panjangnya adalah bagaimana acara semacam ini diadakan secara rutin dan dengan peralatan yang sudah “ready” alias peralatan bersama.

Saat ini peralatan masih diadakan oleh beberapa orang, termasuk pak Syam meninggalkan beberapa peralatannya, agar kalau ada acara lagi dia tidak perlu membawa lagi dari rumah.

Ini sentilan atau ajakan tersembunyi dari pak Syam atau bukan aku tidak tahu, tetapi sebaiknya kita sikapi dengan mulai berpikir untuk pelatihan yang akan datang mungkin ada sekedar infaq untuk membeli peralatan baru yang bisa dipakai bersama.

Saat dialksanakan di rumah pak Ketua MMC2, pak Iman, maka semua peralatan dan bahan diadakan sendiri oleh pak Iman, sehingga yang datang benar-benar dipuaskan. Datang, duduk, dapat ilmu dan dapat kenyang [banget].

Menjelang siang aku pergi keluar sebentar karena anakku harus segera pulang ke Yogya dan ketika aku balik lagi ternyata peserta pelatihan sudah nambah lagi.

Tentu suasana menjadi makin ramai karena biang ribut sudah muncul. Siapa lagi kalau bukan pak Ato. Lelaki atau pria kecil yang selalu aktif bergerak tanpa bisa berhenti bergerak, sehingga paling susah dipotret.

Suasana pelatihanpun berubah menjadi suasana keakraban antar warga TDA BEkasi. Ada Poksa, MMB dan juga tuan rumah MMC. Belum lagi yang tidak kukenal dan langsung akrab saja [Sok Kenal Sok Dekat].

Pulang-pulang aku membawa banyak bingkisan dari kawan-kawan yang baru saja kukenal. Ada tetangga di kompleks Montana [aku di Puspita VII dan dia Puspita VIII], adajuga tetangga di Yogya [bersebelahan kampung].

Begitulah nafas TDA, saling memberi dan saling menerima sebagai suatu keluarga besar yang penuh rahmah.

Insya Allah. Amin.

++

Apa yang menarik dari bisnis waralaba Mie Perto ini?

Syarat yang sangat mudah, yaitu :

1. Beli bumbu pada pak Syam [5 ribu untuk 18 bungkus]

2. Bayar zakat 2,5% untuk disalurkan ke mereka yang membutuhkan [bukan ke pak Syam]

3. Ikuti dua syarat di atas dengan baik

4. Makin banyak berderma makin banyak rejekinya.

5. Tambahi sendiri kalau kurang, kalau dianggap cukup ya sudah, titik !

+++

Narsis Barengan

Narsis Barengan

kalau dijumlah sekitar 30 orang lebih yang hadir di acara ini

.

Published in: on Agustus 17, 2009 at 7:13 am  Comments (11)  
Tags: , , , ,

Demo Masak Mie MERDEKA [H-1]

Sore-sore setelah memberi sedikit kompor di kelompok mastermind Cikarang nomor 11 [POKSA 11], kami bertiga [pak Ipung, Pak Rui dan saya] menuju ke pasar Roxy untuk belanja bahan-bahan yang belum ada untuk acara demo masak mie MERDEKA 17 Agustus 2009 di Resto Samikuring.

Beli Ayam Potong Dadu

Beli Ayam Potong Dadu

Namanya laki-laki sejati nyemplung di pasar, ya kelihatan kaku. padahal sudah dibuat setenang mungkin. Hanya pak Rui yang terlihat sangat nyaman jalan-jalan di pasar ini.

“Ono minyak wijen gak?” [ada minyak wijen tidak], kata pak Rui akrab dengan pemilik toko.

“Golekke sing paling cilik yo [Carikan yang paling kecil ya]……!”

Yang jual sampai kemekelen [terpingkal-pingkal] sambil bilang, “ini sudah yang paling kecil pak”

Akhirnya sukseslah kami bertiga membeli bahan-bahan untuk acara besok pagi. Semoga tidak ada yang ketinggalan, sehingga acara besok bisa lancar. Amin.

Sampai ketemu di Demo Mie Perto MERDEKA, 17 Agustus 2009, di Resto Samikuring jam 09.00 s.d 12.00

MERDEKA !

+++

artikel [tidak] terkait

demo masak di pesantren

demo mie di MMC2

Published in: on Agustus 17, 2009 at 12:04 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , , , , , , ,

Anggota MMC : Yuk Bantu CimarT

Bagi anggota MMC yang juga anggota CiMart, ada tawaran menarik dari pak Ceppi, Direktur Toko Cimart. Kita diperbolehkan untuk menjualkan beras Cimart, minimal 50 kg, dengan kemasan 5 kg dan 10 kg.

Yang sudah tertarik adalah sebagai berikut :

No.1 Eko Eshape
No.2 Ceppi
No 3 Wawan
No.4 Afrizal
No.5 Firman
No.6 Nana
No.7 Gun Gunawan
No.8 Anas
No.9 Parjan
No.10 Bandhi
No.11 Samsudin
No.12 Rawi
No.13 Ipung
No.14…….
Lanjutkan!

Alhamdulillah, sudah 13 karung terjual, 650 kg hanya dalam beberapa jam saja.
Silakan buruan ndaftar !!!
Tunjukkan ACTION dari anggota MMC yang juga jadi anggota CiMart.


Published in: on Agustus 13, 2009 at 11:19 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , , ,

Demo Masak Mie Perto : MERDEKA

Menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus 2009 ini kelompok MMC2 [mastermind cikarang 2] mengadakan gebrakan dengan mengadakan acara demo membuat mie perto.

Acara yang telah terbukti sukses dilaksanakan di berbagai tempat ini akhirnya dilaksanakan di tempat yang lebih luas, karena membludaknya peserta.

Dipilihlah resto Samikuring, sebuah tempat mangkalnya para blogger cikarang, yang terkenal mudah dipakai untuk kegiatan TDA. Tentu saja karena pemiliknya adalah anggota MMCx yang belum juga terbentuk [hehehe…agak nyindir dikit ma mas Nu].

Keunggulan tempat ini adalah adanya fasilitas FREE hotspot yang kuenceng banget. jadi kalau gak tertarik nonton demo mie perto tapi pingin internet gratis, ya silahkan datang saja. Syukur-syukur bisa memberikan siaran langsung.

Bagi para peminat dimohon kesediaannya untuk mendaftar melalui blog ini, sehingga dapat disiapkan tempat yang sesuai dengan kapasitas pengunjung.

Bila tidak punya waktu luang, bisa saja datang setelah acara berakhir, artinya hanya sempat mencicipi rasa mienya tapi tidak mengikuti sensasi proses pembuatan mienya yang sangat asyik dibawakan oleh pak Syamsu Perto.

Silahkan catat dalam agenda anda, Senin, 17 Agustus 2009, jam 09.00 s.d jam 12.00. Instruktur selalu datang on time, jadi pastikan anda datang juga ontime, atau anda hanya akan kebagian buntutnya saja [bener2 gak asyik kalau dapet buntut mie, kalau buntut sapi sih masih ada enaknya]

Jangan lupa daftar di blog ini, pak Ipung akan mencatatnya dan mas Nu akan menyiapkan tempatnya.

Salam FUNtastic.

catatan :

bila ada yang mau mudik ke Malang saat lebaran nanti, pak Syamsu Perto sudah melakukan koordinasi dengan ketua TDA Ngalam untuk menyelenggarakan acara demo mie di Ngalam. Jadi kalau tidak sempat ikut di acara ini masih ada kesempatan ikut di kegiatan yang sama di kota Malang.

Published in: on Agustus 11, 2009 at 12:27 am  Comments (22)  
Tags: , , , , ,

Pelatihan Mie Ayam di KTB

Hari Minggu tgl 9 Agustus 09 jam 9.09 diadakan pelatihan Mie Ayam di Kupat Tahu Bandung, Jl. Rusa raya no. 47 Cikarang Bekasi. Yang datang cukup banyak sekitar 19 orang. Trainernya pak Syamsu Perto dengan gaya ngajar yang banyak becanda sehingga banyak ketawa dan cukup ceria…(sampai2 saya lupa apa yang diajarkan kemarin..he..he..)

Kalo sudah dikasih tau sama masternya maka buat mie ayam itu ternyata gampang segampang jadi pengusahanya….

Mulai hari kemarin sudah ada transaksi penjualan (pas Mie Ayam selesai pas ada pembeli yang minta mie ayam jadi langsung dijual he..he..) dan hari ini menu mie ayam sudah mulai dijual.

Banyak ilmu yang didapat dan bisa dipraktekkan langsung dan ada beberapa tips yang bisa di sharing disini;

1. Untuk buat mie peralatan yang diperlukan cukup gilingan kecil yang bisa ditaruh di meja makan, tapi kalo skala besar bisa pake mesin giling yang buat ngeratain jalan kayaknya lebih cepet dan simple he..he.

2. Setelah diaduk jadi adonan, adonan disimpen dulu 15 menit dan ditutup pake kain basah tujuannya biar mengembang (tadinya saya pikir begitu dibuka langsung jadi mie…soalnya kayak acara The Master aja pake ditutup segala..)

3. Untuk buat mie keriting cukup ditahan di gilingan mie waktu mie keluar dari mesin giling…simple banget ! (kalo kepepet dan gak tahu caranya cari Salon aja buat direbonding atau dikeritingin…)

4. Kalo sudah jadi dan ada konsumen datang jangan ditanya gini, ” Ibu mau dibungkus atau dimakan disini ?” dijamin konsumen lari karena takut !!, masa datang2 ibunya mau dibungkus atau dimakan..he..he..

5. Untuk menyegarkan sayuran cukup sayuran direndam air terus airnya dikasih cuka, diamkan 15 menit dan dijamin sayur segar kayak baru metik dari kebon…(berguna juga jika badan kita loyo atau lesu mandi aja pake air cuka he..he…)

tips yang lain biar pak Syamsu aja yang ngasih tau..he..he…

Dari hasil pelatihan kemarin dan hasilnya juga cukup oke maka dengan bangga kami mempersembahkan produk baru kami yaitu “Mie Ayam Master”!!

Kenapa dinamain Mie Ayam Master ?:
1. Yang ngasih Training sudah Master dibidang per-mie-an
2. Waktu ngasih training ada adegan kayak acara The Master
3. Habis ngasih pelatihan pak Syamsu langsung ikut Mastermind

Untuk itu mengingat, menimbang, merenung, memikirkan, menghitung,menghormati,mengajak, maka saya memutuskan untuk anggota milis TDA Bekasi yang belum pernah makan Mie Ayam Master silakan datang ke Outlet kami Kupat Tahu Bandung, Jl. Rusa raya no. 47 Cikarang Bekasi dan silakan rasakan sensasinya, Gratis selama seminggu (yang sudah pernah saya diskon aja 50 % he..he…)

Silakan japri ke saya dan tunjukkan ke pelayan kami (saya akan kirim sms paket gratis/diskon..)

Salam kuliner

Ato Sunarto
08161667649
http://kupattahubandung.com

+++

Pelatihan selanjutnya silahkan ndaftar di sini
Tempat Resto Samikuring, 17 Agustus 2009, jam 09.00 s.d jam 12.00

Published in: on Agustus 11, 2009 at 12:24 am  Comments (2)  
Tags: , , ,

Mimpi Milad I TDA Bekasi

Ternyata banyak juga yang ngebayangin acara Milad 1 TDA Bekasi sesuai dengan impian saya, malahan pak Rawi sudah duluan waktu pulang dari acara Bangomania…

Impian hanyalah impian malahan hanya sebagai lamunan bila kita tidak segera action.

Action yang harus kita lakukan:
1. Acara milad 1 TDA Bekasi itu biasa saja tidak spektakuler sehingga kitapun sebenarnya bisa merealisasikannya.

2. Jumlah peserta yang hadir 3.000 orang itu biasa saja karena gampang memobilisasinya dengan rincian sbb:
sebelum acara tgl 02 mei 09 jumlah member sekitar 30 orang
setelah acara tgl 02 Mei 09 jumlah member sekitar 100 orang
setelah acara tgl 02 Agt 09 jumlah member sekitar 200 orang (skrg 150)
setelah acara tgl 10 Okt 09 jumlah member sekitar 400 orang
setelah acara tgl 05 Des 09 jumlah member sekitar 800 orang
setelah acara tgl 05 Feb 09 jumlah member sekitar 1600 orang
setelah acara tgl 05 Apri 09 jumlah member sekitar 3.200 orang

3. Peserta stand yang ikut pameran 300 orang itu mudah saja dengan rincian
Jumlah Mastermind awal 5 MM, setelah tgl 2 Mei menjadi 11 MM, setelah tgl 2 agt 09 menjadi 22 MM, 10 Okt 09 menjadi 44 MM, 5 Des 09 menjadi 88 MM, 5 Feb 09 menjadi 176 MM, 5 april 09 menjadi 352 MM. Masing2 MM buka stand ada 352 stand

4. Sponsor Rp. 500 juta ternyata masih terlalu kecil kalo dirinci sbb : stand MM sewa Rp. 1 juta/stand x 352 stand = Rp. 352 juta. Sponsor luar Rp. 150 juta

5. Yang lainnya lebih gampang lagi….

Yang harus diperhatikan :

1. Semua member TDA jangan hanya jadi penonton acara tapi harus aktif ikut terlibat bagian dari acara

2. Mulai sekarang aktif mengajak orang untuk ikut gabung di Komunitas TDA

3. Yang sudah menjadi bagian dari komunitas TDA segera bermastermind

4. Kalo sudah terbentuk kelompok Masterminda segera lakukan pertemuan

5. kalo sudah pertemuan segara lakukan action

6. kalo sudah action buka usaha segera lakukan promosi

7. Kalo sudah stabil silakan daftar jadi sponsor acara Milad

8. Kalo biayanya dirasa terlalu besar silakan nabung dari sekarang

9. Kalo sudah niat ya jalankan…..

Yang suka lucu, ironis serta aneh bin ahmad…..

1. Acara TDA kok yang aktif jadi sponsor malah orang lain…

2. Orang TDAnya gak yakin malahan ngeyakinin orang lain untuk jadi sponsor

3. Kalo orang luar berani sponsorin acara kita kok kitanya sendiri malah harus dipaksa paksa…

4. Untuk biaya promosi kok kita sering berat mengeluarkan biayanya padahal dengan promosi akan mempercepat perkembangan usaha

5. Hasil dari acara dananya dimasukin ke TDA peduli, secara tidak langsung bila kita ikut sponsor ikut juga bantu orang lain…

6. Ikut TDA kok gak buka2 usaha..padahal acara kemarin aja kita beri judul ‘Jadi pengusaha itu gampang”….

7. tambahin lagi yang lucu2nya he..he….

Jadi segera action…impian gampang terwujud !!!

Salam Mimpi
Ato Sunarto
08161667649

Published in: on Agustus 10, 2009 at 10:08 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , , , , , ,

Tinggal Menghitung Hari

Kelompok Master Mind Cikarang 1 akhirnya dilaksanakan di rumah pak Sangadi Budi. Inilah acara MM yang pertama kali diadakan pada malam hari, biasanya diadakan pada pagi hari dan dicoba dilaksanakan pada malam hari untuk mengetahui, sebenarnya yang paling efektif MM sebaiknya dilaksanakan saat apa.

Beberapa pertemuan sebelumnya memang sudah dicoba untuk melaksanakan MM dengan ebrbagai kondisi yang berbeda-beda. Baik tempatnya, waktunya, jumlah pesertanya maupun model pertemuannya.

Tak terasa salah satu target peserta MMC1 ini sudah tinggal menghitung hari saja. Sebuah target sederhana tapi ternyata banyak mengalami kendala karena waktu yang hanya 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Targetnya hanya membuat sebuah kumpulan cerita dari beberapa tulisan yang ada pada blog eshape, tapi ternyata sampai menjelang hari H-nya masih juga belum terlihat terkumpul.

Hari H itu adalah tanggal 13 September 2009 [maju sehari dari target awal] dan sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tempat sudah disediakan dan susunan acara sudah selesai dibuat, tinggal materi acara saja yang belum terlihat, yaitu sebuah kumpulan tulisan dari blog eshape.

Judul buku itupun sampai sekarang masih belum terlintas di pikiran. Awalnya judul yang terlintas adalah Dongeng Pak Dhe, tapi banyak masukan yang meminta judulnya dianti dengan judul yang lebih “menjual”. Ada terlintas untuk mengganti judul menjadi Kisah Hikmah, tetapi masih belum “sreg” juga.

Jadi pada intinya, belum ada materi yang siap untuk acara launching buku tanggal 13 September 2009 itu. Justru yang terjadi adalah siapnya materi untuk acara-acara lainnya.

Begitulah tantangan dalam hidup yang sangat menggairahkan ini. Aku sendiri kok heran masih saja optimis bahwa tanggal itu aku akan mempunyai sebuah buku saku yang bisa dibawa kemanapun pergi dengan enak dan siap menemani siapapun yang sedang butuh bacaan ringan dan “berisi”.

Ada keinginan untuk menyerahkan buku yang sudah jadi itu ke beberapa orang yang ahli menulis, misalnya Emha, Arswendo atau bahkan pak KK, tetapi kalau bukunya saja belum ada bagimana mau menyerahkannya pada mereka?

Hehehe…kalau kang Pepih membaca tulisan ini pasti dia geleng-geleng kepala. Kok ada orang seaneh ini, begitu mungkin pikirnya. Masalah kecil kok dibuat besar, lha kalau menemui masalah besar apa mau dikecilkan?

Yang jelas masih terngiang di telinga adalah ucapan salah satu peserta pertemuan itu,”Jangan jadikan kesibukanmu sebagai alasan untuk menunda peluncuran buku ini”.

Iya deh, kalau memang harus perlu waktu khusus, kenapa tidak minta cuti dan minta “pause” dari semua acara yang tidak berhubungan dengan acara peluncuran buku ini?

Pertemuan terus berlangsung dan meski tidak semua peserta mendapat kesempatan untuk menyampaikan mimpi dan kendalanya, tapi terlihat semua peserta merasa puas dengan acara malam ini.

“Ternyata acara MM malam hari oke juga ya…”, begitu kesan mereka.

Selain cerita tentang warung makan Sunda [Pondok Rasa Gardenville] yang seru, bisnis Sabun Curah yang terus meningkat omzetnya [sampai kewalahan sendiri dan harus resign bulan depan], maka acara pada malam hari itu juga mempunyai topik bahasan bisnis Usaha Bersama Cimart.

Akselerasi yang diperlukan oleh CiMart adalah sebagai berikut :

1, Adanya penugasan yang lebih fokus untuk direktur operasional dan dibuat secara tertulis, sehingga semua roda “pemerintahan” toko Cimart benar-benar berada pada satu komando saja.
2. Adanya tindakan pro aktif dari penjaga toko Cimart untuk melakukan pengiriman barang ke anggota. Angkat telpon ke semua anggota yang terjangkau jaraknya dan tanyakan kebutuhan apa yang bisa diantar pada hari ini.
3. Diberlakukan model insentif bagi penjaga toko, misalnya penjualan melebihi XX juta per bulan, maka mereka akan mendapat YY persen dari keuntungan penjualan.

Selain tiga hal di atas, masih banyak masukan untuk percepatan pertumbuhan Usaha Bersam Cimart. Kita lihat saja, masukan yang mana yang akan dibahas di UB Cimart.

Malampun akhirnya makin larut dan obrolan warung kopi ini harus segera diselesaikan.

Salam FUNtastic.

Published in: on Agustus 9, 2009 at 10:44 pm  Comments (1)  
Tags: , , , ,

Hati-hati tertular virus gila tda

Efect dari seminar “Jadi Pengusaha itu Gampang” benar-benar gila. Ide-ide untuk segera menjalankan usaha mengalir gak beraturan. Rencana bikin warung nasi semakin mantap. Tempat usaha belum ada sudah buat pasang iklan di www.seputarcikarang.com. Bikin logo iklan pake adobe photoshop 7.0. Segera hadir “Pondok Rasa Gardenville”, masakan khas sunda.

Survey bahan untuk bikin bangunan tempat usaha segera dilakukan. Ditemani tukang kayu kontraktor sebelah rumah, selepas magrib meluncur ke daerah tegal danas. Banyak sekali kayu dan balok disana, tak ketinggalan tumpukan bambu dan gombong menggunung di pekarangan rumah Pak Aceng, pemilik usaha bahan bangunan. Setelah melihat-lihat bahan dan kualitasnya akhirnya dapat diperoleh costing untuk bahan. “Ok, budget masih masuk, tinggal memastikan izin penggunaan lahan”.

Rabu malam kembali mendatangi pengurus RT gardenville untuk legalisasi izin. Sayangnya beliau belum sempat kontak dengan kontraktor setempat sehingga malam itu juga langsung kontak telpon. Speaker phone-nya sengaja “on” biar tau langsung isi pembicaraannya. Ternyata yang dibutuhkan kontraktor untuk menghidupkan kawasan itu untuk pasar adalah harus pengelola, tidak bisa perorangan. Kalau seperti ini nampaknya harus segera ganti strategi.

Dirumah pengurus RT, Pak Slamet, kita ceritakan tentang kelompok mastermind ini. Beliau sangat tertarik, karena kebetulan pekerjaannya berhubungan dengan bank syariah. Kalau ada waktu ingin mempresentasikan tentang kredit syariahnya.

Perjalanan masih panjang. Mudah-mudahan ide gila yang ditularkan dari seminar kemarin bisa segera mewujudkan impian punya usaha sendiri.

Published in: on Agustus 7, 2009 at 10:37 pm  Comments (1)  
Tags: , , , ,